Peringati HUT ke-17, TAGANA Riau Gelar Sinergi Bersama Multipihak Sukseskan Tagana Menjaga Alam

Pekanbaru, Dinsos MC. Dalam rangka memperingati dan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Indonesia ke-17, Dinas Sosial Provinsi Riau melalui bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial gelar acara dengan Tema "Sinergi Bersama Multipihak Sukseskan Tagana Menjaga Alam" bertempat di Masjid Raya Pemerintah Provinsi Riau, Rabu (24/03/2021).

Acara dihadiri oleh, Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution, Kadis Sosial Provinsi Riau, Tengku Zul Efendi, Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos), Umar HM, Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Riau, Camat, Kepolisian, Babinsa, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, Relawan maupun sahabat Tagana Riau lainnya.

Dalam sambutannya Wakil Gubernur Riau, Brigjen (Purn). Edy Natar mengatakan partisipasi dan kehadiran Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Riau telah memberikan kontribusi besar dan mempunyai peran yang penting dalam penanggulangan bencana bencana yang terjadi.

Baik dalam Pra Bencana maupun Pasca Bencana, penanganan dan perlindungan bagi korban di masa tanggap darurat bencana, sampai dengan pendampingan bagi korban bencana pada tahap pasca bencana dan pemulihan.

Terlebih lagi dengan dibentuknya Kampung Siaga Bencana (KSB) di tiap Pelosok Daerah Provinsi Riau dalam upaya upaya memitigasi segala upaya untuk mencegah kerusakan dan kerugian yang lebih besar kedepannya.

Diharapkan dengan HUT TAGANA Indonesia ke 17, keberadaan Tagana dapat menjawab semua keraguan pihak. Dimana TAGANA sudah menjadi garda terdepan pada penanggulangan bencana dalam upaya membantu pemerintah, khususnya Kementerian Sosial Republik Indonesia dan di daerah melalui Dinas Sosial (Dinsos) .

Kadis Dinsos Riau, Tengku Zul Effendi menambahkan seperti diketahui Tagana bagian dari masyarakat yang terlatih untuk bisa membantu warga dalam hal mencegah maupun menanggulangi bencana. Maka dari itu saya apresiasi dengan pengabdian para anggota Tagana yang bekerja dengan sukarela mengemban tupoksinya.

Perjalanan Tagana telah melalui proses yang cukup panjang, hingga memasuki usia ke-17 pada tahun dan Tagana telah membuktikan keberadaannya dengan melakukan berbagai kegiatan kontribusi serta upaya nyata untuk ikut serta dalam penanggulangan bencana. Tagana sudah berkembang menjadi besar. Baik jumlah personil Tagana sudah mencapai 847 Personil yang tersebar di seluruh Kabupaten maupun Kota di Provinsi Riau.

“Kini Tagana lebih jelas eksistensi dan pembinaannya, serta pengembangan tugas, mulai logistik, shelter, pendampingan psikososial dan bahkan advokasi sosial korban bencana,” ujarnya.

"Adapun Prinsip TAGANA yakni Prinsip ,One Comand (Satu Komando), One Rule (Satu Aturan), One Corps/Unity (Satu Korsa/Unit)" dengan motto TAGANA “We are the first to help and care” serta Slogan Sigap Tanggap.

Terkait pelaksaan program kegiatan Tagana dari kurun waktu berjalan seperti, Tagana Masuk Sekolah (TMS) yang merupakan Sosialisasi Kebencanaan di tingkat sekolah, (Penghijauan) Penanaman Pohon mewujudkan Go Green, Tagana lawan Covid-19 (penyemprotan desifektan), Bakti Sosial, Pendirian Dapur Umum ditengah musibah melanda, serta kegiatan kegiatan lainya yang bersentuhan dengan masyarakat baik itu saat terjadi bencana, pra bencana maupun pasca bencana.

"Tidak setiap orang bisa melakukan seperti relawan Tagana, berani berkorban walaupun pada waktu-waktu penting tanpa pamrih," ungkapnya.

Tentunya penanggulangan bencana bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja tetapi merupakan tanggung jawab bersama pihak, karena itu peran aktif dan sinergi stakeholder untuk memberi informasi kepada warga yang daerahnya rawan akan bencana sangat diperlukan kedepannya. Tambah Kadis Sosial.

Sementara di tempat yang sama Kabid Perlindungan Jaminan Sosial (Linjamsos), Umar HM, saat di konfirmasi dalam HUT TAGANA ke 17 dengan Tema Sinergi Bersama Multipihak Sukseskan Tagana Menjaga Alam dalam rangka mewujudkan Go Green sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.
"Mulailah dari hal yang kecil, hal-hal yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Ingatlah bahwa go green bukan hanya sekedar istilah, tetapi sesuatu yang harus kita lakukan untuk menjaga bumi kita dari bencana bencana oleh karena itu, ayo lakukan go green sekarang, jangan ditunda tunda," pungkasnya.

Dalam upaya mendukung pemerintah untuk penghijauan, baik itu di perumahan, tempat wisata, perkantoran serta alam sekitar lainnya.

Diakhir acara Wakil Gubernur Riau, Edy Natar bersama Stake Holder meninjau dapur umum dan melakukan penanaman bibit pohon secara simbolis dalam memeriahkan HUT TAGANA Indonesia ke 17.

Bookmakers bonuses with gbetting.co.uk website.