Pemulangan Orang Terlantar

OT

JENIS PELAYANAN :
PELAYANAN PEMULANGAN ORANG TERLANTAR KE DAERAH ASAL

 

 No

KOMPONEN URAIAN
1 Dasar Hukum
  1. Undang-undang Nomor 11 tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial
  2. Undang-undang Nomor 22 Tahun 2013 tentang Pemulangan Pekerja Migran Bermasalah dan Tenaga Kerja Indonesia Bermasalah ke Daerah Asal
  3. Undang-undang Nomor 21 tahun 2007 tentang Pemberantasan tindak pidana perdagangan orang.
  4. Keputusan Presiden RI Nomor 106 tahun 2004 tentang Tim Koordinasi Pemulangan Tenaga Kerja Indonesia bermasalah dan keluarganya dari Malaysia.
  5. Peraturan Daerah Provinsi Riau Nomor 9 tahun 2008 tentang Struktur Organisai dan Tata Kerja Dinas Provinsi Riau.
2 Persyaratan
  1. Surat rujukan dari Dinas Sosial Kabupaten/Kota di wilayah ProvinsiI Riau.
  2. Surat rujukan dari Dinas Sosial Kabupaten/Kota/Provinsi lain.
  3. Surat rujukan dari instansi terkait ; Kepolisian, Rumah Sakit, Lembaga Pemasyarakatan, baik dalam maupun luar wilayah Provinsi Riau.
3 Sistem Mekanisme dan Prosedur
  1. Menerima Surat rujukan dari instansi terkait
  2. Melakukan Assesment oleh Petugas Pekerja Sosial
  3. Membuat Surat Pengantar Pemulangan Orang terlantar sesuai tujuan / secara estafet
  4. Pencatatan identitas orang terlantar
  5. Pemulangan Orang Terlantar
4 Waktu Penyelesaian

Pemulangan dilakukan di hari yang sama pada jam kerja 1 hari jam kerja

5 Biaya/Tarif

Tidak dipungut biaya (Gratis)

6 Produk Layanan

Surat Pemulangan Orang Terlantar ke Daerah Asal

7 Sarana dan Prasarana / Fasilita lainnya
  1. Ruangan ber AC, Meja dan Kursi
  2. Komputer dan Printer
  3. ATK
8 Kompetensi Pelaksana
  1. Jabatan Struktural (Ess III dan Ess IV)
  2. Staf Pelaksana : Analis Masalah Sosial, Pengelola Program dan Kegiatan,
  3. Tenaga Harian Lepas (THL) yang memiliki kompetensi dan integritas dalam menangani orang terlantar / Bencana Sosial
10 Penanganan, Pengaduan, Saran dan Masukan

Dapat disampaikan kepada Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau

Cq. Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial

Jl. Jend. Sudirman No. 239 Pekanbaru​

11 Jumlah Pelaksana

3 (tiga) orang

12 Jaminan Pelayanan
  1. SDM yang berkompoten
  2. Sarana pendukung berupa Ambulance dan tempat istirahat utk orang terlantar
13 Jaminan Keamanan dan Keselamatan Layanan
  1. Bekerjasama dengan pihak RSUD apabila ada orang terlantar yang mengalami sakit
  2. Bekerjasama dengan pihak Kepolisian untuk membuat Surat Pengantar Pemulangan Orang Terlantar ke daerah asal
14 Evaluasi Kinerja Pelaksana

Evaluasi dilaksanakan oleh Pimpinan/Atasan Langsung dengan melihat pemberian pelayanan kepada orang terlantar yang akan dipulangkan ke daerah asal, dengan pertimbangan tidak melebihi hari dimana orang terlantar tersebut datang / Pemulangan dilakukan pada hari yang sama  orang terlantar datang.

Bookmakers bonuses with gbetting.co.uk website.